Jumat, 27 Januari 2017

Implementasi Internet of Things dalam Bidang Pemasaran

    Kemajuan teknologi yang terus berkembang dengan pesat hingga saat ini membuat para perusahaan menyediakan berbagai macam program untuk membantu mengembangkan produk berbasis Internet of Things. Internet of Things (IoT) merupakan sebuah istilah yang belakangan ini mulai ramai ditemui namun masih sedikit yang mengerti arti dari istilah ini. Nah! pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang apa itu Internet of Things (IoT) dan pengimpementasian Internet of Things (IoT) dikota yang dikenal dengan kemewahannya yaitu Dubai. Penasaran? Yuk kita bahas..

Pengertian Internet of Things (IoT)


     Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Banyak yang memprediksi bahwa Internet of Things adalah “the next big thing” di dunia teknologi informasi, hal ini karena Internet of Things menawarkan banyak potensi yang bisa digali. Adapun kemampuannya seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet.

      Cara Kerja Internet of Things yaitu dengan memanfaatkan sebuah argumentasi pemrograman yang dimana tiap-tiap perintah argumennya itu menghasilkan sebuah interaksi antara sesama mesin yang terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia dan dalam jarak berapa pun.Internetlah yang menjadi penghubung di antara kedua interaksi mesin tersebut, sementara manusia hanya bertugas sebagai pengatur dan pengawas bekerjanya alat tersebut secara langsung. Banyak manfaat yang didapatkan dari internet of things. Pekerjaan yang kita lakukan menjadi cepat, mudah, dan efisien. Kita juga bisa mendeteksi pengguna dimanapun ia berada.

Implementasi Internet of Things
   
     Sebagai salah satu kota di Uni Emirat Arab, Dubai berkembang menjadi kota dengan segala kemewahannya. Deretan gedung pencakar langit yang dilengkapi dengan fasilitas kelas atas berdiri di sini. Salah satu yang bisa dijumpai setiap hari adalah keberadaan smart mall. Dari namanya saja sudah bisa ditebak jika smart mall adalah tempat untuk berbelanja dengan memanfaatkan teknologi canggih.
Layar LCD smart mall
        Smart mall berdiri sejak tahun 2015 atas kerjasama antara UAE Telco Etisalat dan Dubai’s Roads and Transport Authority (RTA). Kios yang diberi nama ‘Smart Mall’ ini dapat ditemukan di 5 titik pusat keramaian di Dubai, antara lain Mall of the Emirate, Damac Properties, Dubai Internet City, Abu Dhabi Commercial Bank juga Baniyas Station.Kios pintar ini baru ada pertama kali di Dubai belum ada di negara lain.


          Smart mall ini memungkinkan warga Dubai berbelanja kebutuhan sehari-hari hanya lewat layar LCD besar. Pembeli hanya perlu menekan dan menggeser produk dilayar LCD sesuai keinginan untuk menentukan barang-barang yang dibutuhkan dengan menekan tombol start shopping lalu barang-barang yang sudah dipilih akan dikumpulkan ke dalam keranjang belanja virtual. 


        Jika ingin membatalkan barang belanjaan, pembeli tinggal menekan tombol silang yang ada di samping daftar belanjaan. Setelah selesai memilih barang tinggal press tombol check out. Selanjutnya pembeli diminta memasukkan nomor telepon lokal. Untuk sistem pembayarannya, menggunakan kartu kredit atau debit dan barang yang sudah dibayar akan dikirim sesuai waktu dan tempat yang sudah ditentukan oleh pembeli. Selanjutnya, RTA telah mengusahakan untuk menambah opsi pembayaran lain, misalnya memakai debit dari tagihan telepon selular.

Memasukkan data pembeli untuk check out barang
         Mall ini sekilas seperti sebuah mini market atau kios yang menjual berbagai keperluan sehari-hari, misalnya aneka sayuran, sabun, sampo hingga snack. Untuk saat ini, smart mall masih menyediakan kebutuhan sehari-hari, namun kedepannya berbagai berbagai barang elektronik dan pakaian juga akan di jual di sini.

Bisa dibayangkan yaa kalau Smart Mall ini ada di Indonesia! Semoga negara kita lekas ketularan ya.

Sumber :

1 komentar:

 

The Little Zebra Template by Ipietoon Cute Blog Design