Sabtu, 05 November 2016

Tren Inovasi Teknologi Masa Depan

           Holla readers..  ketemu lagi nih kita di artikel terbaru saya yang tentunya bakalan membahas mengenai seputar Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Readers, pernah terpikir ngga sih dibenak kalian apa aja yaa inovasi teknologi yang bakalan tercipta di masa depan? Nah.. sesuai dengan judul artikelnya, saya akan membahas beberapa tren inovasi teknologi pada masa yang akan datang. Cekidot...

1.   Body Password




     Pada masa sekarang, kata sandi atau password yang dipakai sangat beraneka ragam. Dari password yang menggunakan angka, hutuf, pattern, dan bahkan knock lock. Tapi seiring berjalannya berkembangan teknologi, sekarang password menggunakan sensor untuk mengidentifikasi bagian tubuh yang menjadi password seperti jari, wajah, dan retina mata. Jadi pengguna tidak perlu susah-susah menghapal dan mengingat password yang ia gunakan. 

         Di masa depan, sensor juga akan jadi hal yang biasa kita temui. Begitu masuk rumah sakit, saat menggunakan sarana transportasi publik, begitu masuk pintu kantor, masuk mall, masuk supermarket, masuk mobil, dan sebagainya. Sensor juga akan menjadi bagian dari penggunaan internet dan perangkat mobile kita sehari-hari. Mungkin dari situ, data-data kita akan langsung terdeteksi.

2.   Infrared Virtual Keyboard



     Papan ketik virtual yang bisa diproyeksikan dan disentuh pada permukaan apapun pada permukaan yang rata. Papan ketik ini menyaksikan pergerakan jari pada hasil proyeksi papan ketik dan mengartikanya sebagai ketikan yang menimbulkan karakter yang diinginkan. Papan ketik ini berbeda dengan papan ketik biasa. Papan ketik biasa masih memerlukan alat elektronik sebagai medianya, tetapi papan ketik virtual ini tidak terbatas memakai alat elektronik apapun.

        Papan ketik proyektor memiliki tiga cara dalam proses kerjanya. Cara pertama melalui sinar laser yang memproyeksikan papan ketik virtual pada permukaan yang rata. Kedua, sensor kamera pada proyektor menerjemahkan pergerakan tangan dan jari pengguna pada permukaan tempat diproyeksikanya papan ketik virtual. Ketiga, posisi jari yang terdeteksi pada koordinat tertentu di papan ketik virtual menentukan karakter apa yang akan muncul sesuai dengan koordinat tersebut.

3.   Health Tracker



           Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga bagi kita. Maka dari itu diciptakanlah alat yang dapat membantu kita menjaga kesehatan seperti mengingatkan kita untuk olahraga, mendeteksi detak jantung, tekanan darah, kesehatan mata, dsb. Masa sekarang kita kemungkinan dapat menemukannya diaplikasi smartphone kita. Tapi dimasa depan bisa saja alat kesehatan tersebut berbentuk kacamata, baju, gelang, cincin, kalung, atau bahkan anting. Who knows?

Nah.. itu dia beberapa penjelasan tren inovasi teknologi yang akan datang. Jika readers ada yang punya informasi selain diatas, jangan sungkan ditulis dikomentar yaa.. Terima kasih sudah membaca^^

Referensi :

14 komentar:

  1. nice info sistt :))

    BalasHapus
  2. waduh body password, kalo body saya jadi gemuk gimana dah cara bukanya hahahahaha

    BalasHapus
  3. Nais artikel Nadya ^_^
    Semoga Nandya bisa ikut berkontribusi menyumbangkan inovasi-inovasi di masa depan
    Password sidik jari sudah, retina sudah, nanti password pake bagian tubuh mana lagi ya yang bakal dibuat?

    BalasHapus
  4. mantap!! moga2 bisa terwujud di masa depan biar berkah aamiin!

    BalasHapus
  5. mantaap, nice info. lanjutkan barkarya..!!

    BalasHapus
  6. Bagus sekali informasinya. Thanks a lot

    BalasHapus
  7. Wahh keren yaa teknologi buat masa depan, artikelnya bagus dan bermanfaat yaaa

    BalasHapus
  8. Keren banget.. Baru diandai-andai aja udah keren, kira-kira kapan yaa?? Apa saya udah tua kali, atau sudah era keturunan saya yang keberapa akan terealisasi :'

    BalasHapus
  9. Wah, keren ya! Semoga bisa terwujud :)

    BalasHapus
  10. keren!! terimakasih infonya :)

    BalasHapus

 

The Little Zebra Template by Ipietoon Cute Blog Design