Jumat, 07 Oktober 2016

Apa Itu Sistem Informasi dan Tekonologi Informasi ?



       Hai readers, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sistem informasi dan tekonologi informasi. Pasti udah sering banget kan denger kata itu? Tapi... seringkali kita bingung untuk membedakan antara sistem informasi dengan teknologi informasi. Agar lebih mengerti, kita pelajari dahulu pengertian dari sistem informasi dengan teknologi informasi ini. Yuk cuss..

 
Pengertian Sistem Informasi

       Sistem Informasi terdiri dari dua kata, yaitu Sistem dan Informasi. Pengertian Sistem itu sendiri adalah kumpulan elemen - elemen yang saling berhubungan membentuk satu - kesatuan untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan Pengertian Informasi adalah data yang telah diolah menjadi lebih berguna dan berarti bagi penerimanya. Namun, Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.


Pengertian Teknologi Informasi

        Teknologi Informasi (IT) adalah suatu tekologi yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi secara efektif dan efisien.

Nah.. Sekarang kita udah tau pengertian dari Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Masih bingung apa perbedaan diantara mereka? Yaudah nih saya kasih penjelasannya..

Perbedaan Sistem Informasi dengan Teknologi Informasi

          Dari pengertian di atas, bisa kita simpulkan Perbedaan Sistem Informasi dengan Teknologi Informasi yaitu Sistem Informasi adalah sistem yang membantu penggunanya mengolah dan menyediakan informasi. Sedangkan Teknologi Informasi lebih kepada teknologi yang dipakai untuk mendukung seluruh aktivitas sistem.

Itu dia perbedaannya. Tapi.. Untuk lebih mengenal mereka saya akan mengulas juga tentang sejarah dan contoh penggunaannya.

Sejarah Sistem Informasi

Berikut adalah sejarah dari sistem informasi menurut sumber yang saya baca :

  1. Masa Pra Mekanik, manusia menggunakan simbol dan gambar untuk menyampaikan informasi dan pesan.
  2. Masa Mekanik, manusia sudah menggunakan mesin cetak. Pada masa ini juga komputer  atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise Pascal.
  3. Masa Elektromekanik, diciptakannya telepon dan kode morse untuk komunikasi jarak jauh secara langsung dan pada masa ini juga diperkenalkan komputer pertama untuk penyimpanan program dan data, komputer itu disebut  Dubbed Manchester Mark 1.
  4. Masa Elektronik, pada masa ini telah diciptakan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) yang didirikan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Lalu diperluas menjadi jaringan komputer diseluruh dunia atau disebut internet oleh Licklider.
Setelah keempat masa ini, perkembangan teknologi berlangsung secara cepat seperti sistem operasi UNIX, komputer dari Apple, sistem operasi Windows, Linux, era dot com dan masih penemuan terbaru lainnya.

Sejarah Teknologi Informasi

Adapun sejarah teknologi informasi menurut sumber :
  1. Masa Pra Sejarah, manusia sudah memiliki kemampuan mengidentifikasi benda-benda yang ada disekitar kemudian dilukis pada dinding gua tempat tinggal mereka untuk menyampaikan informasi tersebut.
  2. Masa Sejarah, penyampaian informasi menggunakan simbol atau tulisan yang disebut pictograf . Lalu menggunakan huruf yang disebut hierogliph. Sampai dengan pembuatan media menulis dari serat papyrus.
  3. Masa Tahun 1900-an sampai sekarang, diciptakannya tabung TV dan penciptaan alat-alat yang semakin canggih pada masa sekarang.

Contoh Penggunaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Penggunakan sistem informasi pada masa sekarang yaitu adanya e-learning dan banyaknya situs jual-beli online. Sedangkan teknologi informasi sebagai perantara untuk mengakses itu semua seperti komputer dan handphone.



Sumber :

19 komentar:

  1. artikel yg bermanfaat, keep writing ya! thanks

    BalasHapus
  2. Nice article dan sangat bermanfaat👍🏻

    BalasHapus
  3. Wihhhhh thanks infonya, sangat bermanfaat :)

    Btw jangan lupa mampir ke http://deaclaodya.blogspot.com

    BalasHapus
  4. artikelnya keren banget, memberikan byk informasi ttg si dan ti untuk saya

    BalasHapus
  5. makasih infonya mbaa :))

    BalasHapus
  6. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  7. artikelnya ringkas dan padat, terimakasih mba!

    BalasHapus
  8. Terimakasih untuk artikelnya. Sangat membantu dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan, sehingga yang ingin melanjutkan kuliah, tidak bingung lagi menentukan jurusan pilihan :)

    BalasHapus
  9. Info yang bermanfaat,thanks yaaps.. hehhe

    BalasHapus
  10. izin copy ye ka. makasih for informasinya. semangaat

    BalasHapus

 

The Little Zebra Template by Ipietoon Cute Blog Design